Yuk bikin presentasi yang bagus! Let’s Make a good presentation!

Udah lama banget gak ngepost, tapi ya udah lah yah, yang lalu biarlah berlalu hehe.. Let’s start a new good habit(there’s been a long time i’m not posting, but just let it be, let bygones be bygones)

So today, Professorillama mau bagiin sesuatu sama kalian, ini semua murni pendapatku loh ya! tapi beberapa informasi penting dari beberapa referensi terkemuka juga gak luput kok dicantumin. (So today, Professorillama want to share something for you, this all is pure of my opinion. some of important informations from the reputable reference are included in this post.)

As a studentaku yakin kalian pernah dikasih tugas sama guru/dosen kalian kan? pasti kalo ga tugas individual ya pasti kelompok kan? hehe. nah.. buat tugas kelompok salah satunya yang sangat-sangat gak asing buat kalian pasti Presentasi, pasti langsung ada aja yang nyeloteh “yaaaaaaaah..” haha (pengalaman :p). Terkadang, atau bisa disebut seringnya yang bikin kurang enak presentasi itu adalah pas pembagian kelompok, iya gak? hayoo ngakuu haha.. ada yang berdoa sekelompok sama yang pinter, ada yang berdoa juga buat sekelompok sama yang bukan cuma numpang nama. Tapi, itu semua bakal jadi kenang-kenangan kalian selama masih sekolah :). Yuk ah cukup nostalgianya :’) pffft. let’s start to the main topic. (as a student, i’m sure that you’ve ever recieve an asignment from your teacher/lecturer right?  either individual or team assignment. lol. so, one of team assignment that’s very familiar for you must be presentation.

Presentasi (Presentation) merupakan suatu kegiatan komunikasi untuk menyampaikan suatu informasi secara verbal (kata-kata) dan atau visual (gambar) kepada audience. -Professorillama

Pada umumnya, suatu presentasi itu bersifat formal, untuk menjelaskan tugas sekolah, bisnis, laporan pekerjaan bahkan sebuah publikasi ilmiah. sehingga selalu ada moderator, operator, presentor(s), dan juga audience pastinya. Presentasi yang baik tentu saja diharapkan oleh setiap orang yang presentasi terlebih lagi para audience. Why audience? soalnya mereka pasti berharap banyak sama apa yang kamu sampaikan itu berarti buat mereka, and you must sure you’re not going to wasting their time.

Satu hal dari presentasi yang kurang enak itu ketika, sang pemeran utama (presentor) tidak menyiapkannya dengan baik, dimana dia tidak tahu apa yang dibicarakannya dan juga ketika audience jenuh sehingga tak ada satu pun yang memperhatikan.

Oke, jadi ada beberapa faktor yang bener-bener nentuin keberhasilan presentasi kamu. apa aja sih? yuk kita lihat.

1. Sejauh mana usaha kamu untuk mempersiapkan presentasi ini?

Jelas banget kalau persiapan itu pengaruhnya besar banget, jadi persamaannya itu kaya gini, semakin besar persiapan kamu, semakin baik juga hasil presentasi kamu berikan. udah, yakinin dalam diri kamu kalo perjuangan yang bener-bener itu ga akan bohongin hasil.

2. Udah paham belum sama apa yang bakal dipresentasikan?

Kesalahan terbesar presentor adalah gak ngerti (kurang mengerti) apa yang mau disampaikan. jadi efek samping dari kurang ngerti ini adalah tremor, hipotermia, tegangria, gagapria, nilaijelekria dan malu-ria.

3. Berkelompok? sejauh mana koordinasimu?

Umumnya, untuk tugas sekolah atau kuliah presentasinya berkelompok. nah, baik kamu sebagai anggota apalagi seorang ketua, wajiblah buat selalu ngingetin anggota kelompok kamu buat mempersiapkan bagian presentasinya dengan baik. kelemahan manusia itu menunggu dikasih. ketika sekelompok nunggu semua, udah deh.

4. Kualitas slide presentasi kamu?

Ini salah satu faktor yang penting. bayangin kalo kamu presentasi di depan dosen, guru besar, atau boss kamu dengan slide yang polos, atau tulisannya terlalu kecil, atau warna yang norak dan ga profesional, yakin selanjutnya mungkin kamu pertama-tama diminta revisi slide kamu baru presentasi lagi. slide yang bagus itu bukan cuma bikin kamu dipandang keren, smart, kreatif dan juga profesional, tetapi juga bikin apa yang kamu sampaikan jauh lebih nerap ke pikiran para audience. so dari nomor 4 ini. kita jabarin lagi ya!


Oke, let’s move and discuss about number four.

“Kok penting sih ngehias presentasi, simple is better!”

oke, itu salah satu pertanyaan dan pernyataan yang bagus. ngehias yang dimaksud itu bukan dikasih foto kita disetiap slide, atau di kasih gambar mantan di endingnya (pffft) tapi, yang dimaksud hias itu berarti kita rancang dan desain presentasi itu seprofesional dan seelegan mungkin. terutama harus sesuai dengan aturan presentasi, kita harus ngertiin audience kita.. (cieee)

“Kenapa harus seprofesional dan seelegan mungkin?”

ya.. bayangin aja deh kamu presentasi menggunakan slide putih kinclong di kelas yang redup dengan audiencenya adalah beberapa penguji yang umurnya sudah cukup tua. Atau membuat sebuah presentasi bisnis kamu sebagai marketing dengan slide yang monoton, gak jelas alurnya siapa juga yang tertarik sama itu semua, yang ada malah kamu disuruh pulang. jadi intinya, slide yang profesional itu merupakan slide yang sesuai dengan kaidah dari slide, dan slide yang elegan adalah slide yang gak bikin jenuh audience kamu.


Jadi ini adalah profile slide yang Optimum (menurut professorillama):

Jumlah slide Max 15 (kalo memungkinkan)
Ukuran Judul (Title) 46
Ukuran sub judul 24-36
Ukuran Konten 16-24
Warna Slide (background) yang redup, seperti abu-abu, biru dongker, dll. Sesuai selera. Jangan putih atau warna cerah lainnya.
Warna Font Jangan Sama Seperti dasarnya! gradasi warna akan lebih baik
Aplikasi Umum Microsoft Power Point
Google Slide
Ukuran Slide (slide size) Standard (4:3)
Widescreen (16:9)
Animasi Fade atau gak usah pakai.
Transisi Fade
Waktu presentasi 10 menit adalah waktu yang optimal

penjelasan lebih lengkapnya, bisa klik di link dibawah ini ya. udah dibuat sekalian contoh singkatnya.

Link Bahasa Inggris: http://www.slideshare.net/professorillama/how-to-make-a-good-presentation-academical-professorillama-ep1 

Link Bahasa Indonesia:

 

Link pendukung lainnya :

20 free power point templateshttp://www.hongkiat.com/blog/powerpoint-templates-for-awesome-keynotes/

Slides Carnivalhttp://www.slidescarnival.com/category/free-templates

Free templates: https://www.presentationmagazine.com/free_powerpoint_template.htm


for some question you may give a comment on this page, or some social medias below here ^_^

Yahoo mail christiandaved25@yahoo.com
Skype christiandaved
LinkedIn christiandave25@yahoo.com
WordPress https://professorillama.wordpress.com/
Facebook https://www.facebook.com/Ken.Ryouga

work smart, then work hard!

Leave a comment